10 Gejala dan Penyebab Sakit Pinggang Sebelah Kiri

Ruaa Digital – Sakit pinggang yaitu kondisi kesehatan yang normalnya dialami oleh mereka yang usianya sudah berada di antara 30-50 tahun. Massa otot niscaya akan mengalami penurunan, begitu pula dengan tulang yang juga bakal semakin ringkih ketika usia makin menua. Sakit pinggang atau cedera pinggang akan jauh lebih gampang terjadi pada mereka lantaran sendi-sendinya sudah tak sebaik dulu.

Hanya saja, gangguan sendi di adegan pinggang tak selalu disebabkan oleh faktor usia lantaran penyebab lainnya bisa juga yaitu dilema di organ ginjal. Nyeri pinggang tak hanya terbatas di adegan sendi, tapi juga sanggup menjalar hingga ke area bokong, paha adegan belakang serta pangkal paha. Lalu, apa saja penyebab sakit pinggang sebelah kiri yang perlu diwaspadai?

Gejala Sakit Pinggang

1. Nyeri bersifat kolik

2. Merasakan nyeri bersamaan dengan buang air kecil

3. Nyeri di adegan belakang

4. Urine beraroma tidak enak

5. Sering mencicipi nyeri ketika beraktivitas

Penyebab sakit pinggang yang harus anda hindari

1. Ketegangan Otot

Penyebab sakit pinggang sebelah kiri yang pertama yaitu ketegangan otot. Gerakan yang tak biasa serta acara yang sedikit hiperbola bisa saja mengakibatkan otot tegang seketika. Bagian pinggang Anda bisa saja otot dan ligamennya tertarik secara tidak sengaja ketika melaksanakan gerakan punggung yang luar biasa. Bahkan pada beberapa kasus, otot dan ligamen bisa tegang dan robek.

2. Gangguan Pencernaan Divertikulitis

Pencernaan bisa saja terganggu dan ketika hal tersebut melibatkan pula pembentukan kantong atau yang disebut juga divertikula pada dinding usus, istilah penyakit ini dinamakan divertikulitis. Infeksi basil yaitu penyebabnya yang terjadi pada kantong tersebut. Sebagai akibatnya, ada peradangan pada usus besar di mana karenanya muncul rasa sakit yang ada di adegan perut adegan bawah dan terletak di sebelah kiri. Biasanya rasa sakit juga bakal terasa sempurna di adegan belakangnya.

3. Spinal Spinosis

Kondisi satu ini juga sanggup memicu sakit pinggang di adegan kiri dan keadaan ini juga dinamakan dengan penyempitan tulang belakang. Karena itu, saraf tulang belakang otomatis menjadi etrtekan dan dinamakan dengan spinal stenosis. Gejala umum yang dirasakan penderita antara lain yaitu kram dan kebas di area badan mana saja.

4. Cedera Pinggang

Cedera juga sanggup mengakibatkan pinggang sakit dan terasa nyeri tak tertahankan. Jika seseorang terkena cedera di adegan pinggan sebelah kiri, maka otomatis otot adegan belakang, tendon, serta ligamen bakal terpengaruh. Tak hanya itu, ketika Anda memakai badan secara tak sempurna atau dengan acara yang terlalu berlebihan, maka pinggang akan dengan gampang cedera.

5. Faktor Usia

Ketika usia bertambah dan massa otot juga mengalami penurunan  terjadi perubahan pada masuknya air dan protein menuju tulang rawan, inilah yang besar lengan berkuasa pada tulang sehingga lebih tipis. Ketika tulang lebih tipis, otomatis kerapuhannya meningkat sehingga tak heran apabila tulang rawan mengalami keausan seiring berjalannya waktu.

6. Siatika

Kondisi siatika penyebabnya yaitu saraf yang menghubungkan antara saraf tulang belakang dan kaki mengalami tekanan. Struktur yang berada di antara tulang belakang dinamakan juga dengan cakram tulang belakang di mana fungsinya bisa meresap tekanan dan bisa menciptakan pergerakan sendi tulang belakang lebih mudah.

7. Stenosis Tulang Belakang

Saat terjadi penyempitan saluran tulang belakang, maka stenosis tulang belakang pun muncul dikarenakan terganggunya sumsum tulang belakang. Pada umumnya, stenosis tulang belakang lebih kerap dialami oleh para orang tua. Risiko seseorang mengalami stenosis tulang belakang juga lebih besar jika ia mempunyai riwayat kesehatan penyakit arthritis, pembentukan taji ulang serta herniasi.

8. Bantalan Tulang Terganggu

Ketika ganjal tulang terganggu, maka otomatis akan timbul rasa sakit di adegan pinggang. Hal ini disebabkan oleh adanya dilema di ganjal tulang yang akhirnya mengakibatkan abuh saraf di sekelilingnya. Pada kondisi ini, karenanya akan menciptakan penderita mencicipi otot adegan belakang lebih lemah dari biasanya dan bahkan bisa membuatnya mati rasa.

9. Iritasi Saraf

Ketika tekanan dialami di adegan saraf tulang belakang kemudian ditambah dengan serangan infeksi, maka iritasi saraf pun terjadi. Rasa sakit yang timbul di adegan pinggang tak begitu berat dan tergolong ringan.  Ketika rasa sakit dibiarkan begitu saja lantaran nyeri sanggup lebih buruk.

10. Patah Tulang atau Cedera Lumbar

Pinggang sebelah kiri Anda bisa terasa sakit dikarenakan cedera lumbar. Rasa sakitnya bakal makin memburuk ketika Anda memakai badan secara aktif dengan menggerakkannya menyerupai normal. Anda perlu segera mengobatinya biar patah tulang ini tidak lantas kemudian membatasi pergerakan badan Anda dan menghambat segala kegiatan penting.

Jika anda mengalami hal tersebut maka ketahuilah terlebih dahulu penyebab sakit pinggang sebelah kiri yang hendaknya bisa Anda waspadai. Segeralah ke dokter untuk memeriksakan diri apabila terasa sakit di pinggang sebalah kiri sebelum menjadi penyakit yang lebih serius.